KPU Pessel Siap Hadapi Gugatan Paslon 01 Teregister di e-BRPK

PainanGaris Pantai News – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pesisir Selatan, Sumatera Barat menegaskan siap menghadapi gugatan pasangan Hendrajoni-Hamdanus di Mahkamah Konstitusi.

Epaldi Bahar, Ketua KPU Pessel menyatakan dengan teregisternya gugatan Hendrajoni-Hamdanus di Buku Registrasi Perkara Konstitusi (e-BRPK), maka KPU Pessel sebagai Termohon siap untuk menghadapi setiap proses ataupun tahapan sengketa sesuai jadwal yang ditetapkan oleh MK.

“Kami siap menghadapi setiap proses ataupun tahapan sengketa sesuai jadwal yang ditetapkan MK,” ujar Epaldi kepada wartawan, Senin (18/01/2021).

Ia menambahkan, KPU Pessel menghormati hak konstitusional yang digunakan oleh Paslon Peserta Pemilihan 2020. Untuk itu, ia menghimbau agar semua lapisan masyarakat menghormati putusan MK

“Nanti apapun ketetapan/putusan MK, kami mengimbau agar masyarakat menghormatinya,” harapnya.

Melalui laman resmi mkri.id, Gugatan Pasangan Hendrajoni-Hamdanus terhadap hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pesisir Selatan tahun 2020 terregistrasi di Buku Registrasi Perkara Konstitusi (e-BRPK) Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia.

Perkara yang didaftarkan pemohon melalui kuasa hukumnnya Ardyan, S.H., M.H., dkk tersebut terregistrasi Nomor: 64/PHP.BUP-XIX/2021 pada 18 Januari 2020 pukul 10.00 Wib.

Untuk jadwal sidangnya, pihak MK akan segera memberitahu pihak pemohon dan KPU Pesisir Selatan sebagai termohon sekaligus Bawaslu Pesisir Selatan

Sebelumnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menetapkan pasangan Rusma Yul Anwar-Rudi Hariyansyah sebagai peraih suara terbanyak pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Penetepan tersebut dilakukan dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi suara tingkat kabupaten yang diselenggarakan di Painan Convention Center, Rabu (15)12/2020).

Dari total 225.216 suara sah, pasangan nomor urut 2 yang diusung Partai Gerindra, PAN, Berkarya, PBB, dan didukung Partai Gelora tersebut meraih 128.922 suara.

Perolehan suara kedua disusul Pasangan Hendrajoni-Hamdanus. Paslon Nomor urut satu yang diusung Partai Nasdem, PKS dan Demokrat ini meraih 86.074 suara. Adapun Pasangan Dedi Rahmanto Putra-Arfianof Rajab meraih 10.220 suara.GP2