Senator DPD RI Alirman Sori : Covid 19 Jangan Menjadi Penghalang Pertumbuhan Ekonomi Kerakyatan

Painan,Garis Pantai News — Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Alirman Sori mengajak masyarakat untuk bisa menyikapi perosalan Covid-19 secara positif, terutama dalam bidang ekonomi. Masyarakat tidak boleh kehilangan spirit untuk berinovasi dalam mengenjot pertumbuhan ekonomi dimasa covid19 dan pasca covid19 baik lokal maupun global.

“Jelas, covid19 sudah berdampak buruk terhadap perekonomian masyarakat dan itu terjadi secara Global atau mendunia. Nah kita tidak boleh pesimis dan mengalah untuk menghadapinya. Masyarakat harus tetap bekerja dan berinovasi menciptakan hal-hal baru agar perekonomian tertap berjalan dan kehidupan tetap berjalan sebagaimana mestinya, ” sebut Senator DPD/MRP RI dapil Sumbar Alirman Sori pada kegiatan Reses yang dibungkus dalam ngopi santai di Cafe Sungai Nipah, Kabupaten Pesisir Selalatan, Rabu 25 Desember 2020.

Alirman Sori menjelaskan, sejak wabah covid19 melanda Indonesia, keterpurukan ekonomi itu terjadi disemua daerah. Maka dari itu kata Alir, saat ini pemerintah sudah mencanangkan PEN (Penanggulangan Ekonomi Nasional) dengan kata lain, pemerintah berharap keberlansung ekonomi tetap berjalan dengan baik dimasa covid19 terutama membangkitkan ekonomi kerakyatan.

“Nah, ini menjadi tugas kami DPD memberikan kerangka-kerangka berfikir kepada masyarakat, apa yang perlu diciptakan, apa yang perlu dilakukan dalam menggenjot pertumbuhan ekonomi dimasa covid ini. Kerangka inilah yang nanti kita eksekusi dengan memberikan stimulus kepada pelaku kelompok usaha kerakyatan disetiap daerah khususnya dapil Sumbar ini,” sebut Alir lagi.

Secara nasional, terang Alirman Sori (Also) kondisi covid19 diperkirakan membaik pada akhir 2021 mendatang. Masih waktu yang lama masyarakat menghadapi masa covid19 ini, belum lagi kondisi pasca covid yang akan dihadapi nantinya.

“Nah inilah yang kita himbau, kita masyarakat jangan kalah dengan kondisi ini, kita harus mencipatkan trobosan untuk memperbaiki ekonomi kita,” ulas Alirman Sori.

Pada kesempatan itu, Alir juga memberikan peluang kepada masyarakat untuk membentuk kelompok usaha yang real, jelas dan terdaftar secara hukum untuk diberikan stimulus secara personal dalam pengembangang ekonomi kerakyatan. Dengan harapan bisa membentuk rantai simbiosis mutualisame terhadap pelaku usaha.

“Saya akan berikan stimulus per tiga bulan nantinya kepada kelompok usaha untuk mengembangkan usaha mereka. Dengan kata lain, harus jelas, propesional dan transparansi. Sehingga pertembuhan ekonomi bisa dipacu. Nah, kedepan harapan saya, kelompok usaha ini bisa menjadi pilot projek dan berkembang menjadi besar dengan bermuculan kelompok usaha lainya,” pungkas Alirman Sori. FY