Selain PMI Pesisir Selatan, Komunitas Donor Darah PesSel Bisa Jadi Pilihan Masyarakat Mencari Donor Darah

Painan,Garis Pantai News Berbicara mengenai Palang Merah Indonesia (PMI), mungkin banyak masyarakat yang langsung teringat dengan donor darah. Ya, lembaga yang lahir pada 17 September 1945 itu memang kerap menyelenggarakan kegiatan donor darah. Selain itu, bila ada masyarakat yang membutuhkan darah bisa langsung menghubungi PMI yang ada di daerahnya atau pusat.

Akan tetapi, terkadang mendapatkan darah dari PMI tidak selalu mudah. Bisa saja stok darah sedang kosong sehingga masyarakat atau pasien masih harus mencari bantuan dari pihak lain. Kondisi ini jelas membutuhkan waktu yang lebih lama.

Beruntung kemajuan teknologi dengan hadirnya media sosial dapat membantu persebaran informasi lebih cepat itu, ada pula komunitas-komunitas yang fokus membantu terkait donor darah. komunitas Donor Darah PesSel.

Komunitas Donor Darah PesSel ini yang sudah berdiri selama 7 tahun beranggotakan sekitar 200 orang yang bergerak di bidang sosial ini bertujuan menghubungkan antara orang yang butuh darah dengan orang yang bersedia mendonorkan darah secara sukarela. Komunitas ini juga berusaha mengedukasi masyarakat untuk bersedia donor darah,mengetahui pentingnya donor darah, dan informasi lainnya.

Lantas, apa yang membedakan komunitas ini dengan orang-orang yang membantu menyebarkan informasi terkait kebutuhan darah di media sosial? “Bedanya di kita admin selalu verifikasi setiap ada informasi kebutuhan darah. Bertanya ke keluarga pasien, benar atau tidak butuh darah, jumlah butuh darahnya berapa banyak, dan bisa diantar ke mana. Kalau sudah melewatkan proses verifikasi, baru bisa kita share lewat media sosial,” ucap ketua komunitas, Junaidi saat kopdar anggota komunitas dengan PMI Pesisir Selatan, Sabtu (18/10/2020).GPA