PemDa Pesisir Selatan Bebaskan Pajak Hotel dan Restoran Hadapi Pandemi Covid – 19

Painan ,Garis Pantai News 

Realisasi Penerimaan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, terhitung hinga 1 Agustus 2020, sudah mencapai 61,15 Persen atau sebesar Rp. 84 Miliar, sedangkan target PAD tahun 2020 sebesar Rp.136 Miliar.

Alhamdulillah dengan dukungan dari semua team kerja di Badan Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, kita optimis target PAD ini, akan bisa terpenuhi hinga akhir Desember 2020 nanti.

Hal itu, dikatakan dan dijelaskan oleh Dasrianto Putra, MSi Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Pesisir Selatan kepada suara hebat.co.id ketika ditemui diruangan kerjanya, senin (24/8) di Painan.

Ia kembali menjelaskan bahwa Bapak Bupati, H.Hendrajoni, demi mendukung dunia usaha ia juga peduli dan mengerti kesulitan yang dialami olah para pelaku dunia usaha didaerah ini, dan beliau memberikan instruksi bupati Kabupaten Pesisir selatan, yang mendukung dunia usaha hotel dan restoran dengan, Intruksi bupati Kabupaten Pesisir Selatan, No. 970/ 265/ bapen/ 2020, tanggal 1 April 2020, Tentang keringanan atau dibebaskannya pembayaran pajak hotel dan restoran bagi dunia usaha perhotelan dan restoran di wilayah Kabupaten Pesisir selatan, yaitu dengan menghentikan sementara pemungutan dana pajak hotel dan restoran akibat dampak virus corona atau covid 19 lalu.

Adapun potensi pajak hotel dan restoran yang dihentikan pemungutannya itu, ternyata adalah cukup besar yaitu mencapai total Rp.2 Miliar, sedangkan penghentian pemungutan pajak untuk hotel dan restoran ini, benar benar bermanfaat untuk mendukung kelancaran dunia usaha hotel dan restoran, dan instruksi bupati ini mulai berlaku dari bulan maret 2020 sampai dengan bulan juli 2020 lalu,sekali lagi saya tegaskan bahwa tujuannya penghentian pemungutan pajak hotel dan restoran ini adalah untuk mendukung kelansungan dunia usaha yaitu kelancaran usaha hotel dan restoran diseluruh wilayah kabupaten Pesisir selatan.

Selanjutnya masih kata, Dasrianto bahwa keberhasilan yang diraih oleh badan pendapatan daerah kabupaten pesisir selatan dalam melakukan pemungutan pajak dan retribusi daerah karena berkat arahan dan petunjuk lansung dari bapak bupati, H.Hendrajoni sebagai bupati dan pimpinan daerah lainnya, dimana sejak tahun 2019 hinga tahun 2020 saat ini, kita telah memakai sistem pembayaran pajak hotel dan restoran sudah dilakukan dengan sistem transparan yaitu pemungutan pajak online melalui (web line PAD).

Terpisah bupati, H.Hendrajoni mengaku akan terus berbuat yang terbaik bagi seluruh masyarakat dan dunia usaha, dengan cara memberikan pelayanan perizinan yang cepat, proses tepat sehinga realisasi investasi bisa meningkat untuk mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh masyarakatnya.

Di jelaskanya, jika para pemilik modal berminat untuk menanamkan modalnya didaerah Pesisir selatan, dijamin akan mendapatkan berbagai kemudahan dan keuntungan dalam menjalankan usahanya, dimana daerah Kabupaten Pesisir selatan adalah daerah yang sedang berkembang diberbagai bidang terutama perdangangan, jasa pendidikan, jasa transportasi dan tenaga kerja, pariwisata dllnya.

Masih menurut bupati, H.Hendrajoni, bahwa Pemerintah daerah kabupaten Pesisir selatan benar benar akan membuka diri dan memberikan berbagai kemudahan kepada para investor swasta asing dan swasta nasional untuk berusaha di dunia usaha di daerah ini, baik usaha di bidang ke Pariwisataan, untuk usaha perhotelan, transportasi, restoran dllnya, juga dibidang energi baru dan terbarukan, serta dibidang lainya.

” Khususnya untuk pencapaian PAD Kabupaten Pesisir selatan tahun 2020, bupati mengingatkan agar Organisasi perangkat daerah mengenjot retribusinya, seperti dinas Pariwisata dan olah raga, dinas kesehatan, dinas perhubungan, dinas Koperindag (contohnya retribusi dari pasar) dan dinas lainnya, dimana realisasi retribusi PAD dari capaian OPD ini berkisar diangka 15,25 persen, dan ini mesti harus secepatnya ditingkatkan”, kata Bupati, H.Hendrajoni didampingi Dasrianto Putra Keapala badan pendapatan daerah Kabupaten Pesisir selatan mengkhirinya.GPD