Lawan Covid-19, Anak Nagari Painan Menyatukan Gerak Lawan Covid-19

Painan Garis Pantai News Anak Nagari Painan yang berada di kampuang dan perantauan bersatu dan bergerak bersama- sama, mereka tergabung dalam grup Whatshapp “Dari Kita Untuk Sesama” mulai menginisiasi penggalangan donasi untuk membantu warga – warga yang terkena dampak isolasi akibat covid-19.

Keprihatinan dan kepedulian tersebut hadir ketika melihat kondisi ekonomi masyarakat yang makin terpuruk akibat dampak wabah covid-19 yang kian menjadi – jadi. Menyusul ditetapkannya Pessel sebagai zona merah covid-19 oleh Pemda beberapa waktu yang lalu.

Pendataan warga diprioritaskan terutama bagi kelompok warga yang benar-benar tidak mampu yang hidup dari mata pencarian harian atau kerja serabutan serta mereka yang luput dari pantauan pendataan sejauh ini.

Donasi yang dihimpun dari berbagai pihak tersebut berasal dari jejaring pertemanan dan persahabatan yang terhubung satu sama lain melalui media daring yakni facebook dan whatshapp lintas kota lintas provinsi dan bahkan ada donasi yang datang dari kota Amsterdam Belanda.

Selain pola penggalangan donasi dari media daring. Penggalangan donasi juga dilakukan dengan ide ide kreatif dengan Program acara yang diberi tajuk “Ngamen Amal Musisi Painan Peduli Sesama”. Program ini dimotori oleh para Musisi Kota Painan. Kegiatan ini sudah dilaksanakan pada tanggal 10, 11 dan 12 April 2020 yang lalu. Besarnya antusiasme netizen terhadap program ini sehingga acara tersebut berhasil menyumbang lebih 50% dari total nilai donasi. Para musisi tampil bergiliran yang disiarkan langsung dari berbagai kota.

Penggalangan donasi tersebut dimulai sejak 27 Maret 2020 yang lalu dan total update pertanggal 15 April 2020 telah terkumpul donasi sebesar Rp. 10.550.000.

Rencananya, donasi tersebut segra disalurkan dalam beberapa hari kedepan. Bantuan disalurkan dalam bentuk Sembako yakni berupa Beras dan Minyak Goreng. Dalam 1 paket berisi 5 Kg Beras kualitas terbaik merk Rajo Pasisie dan 1 liter minyak goreng. Dana dari donasi tersebut baru bisa dibelanjakan untuk 139 paket sembako. Semoga hal ini dapat bermanfaat bagi warga mengingat smakin dekat memasuki Bulan Suci Ramadhan.

Untuk tahap awal ini, distribusi bantuan baru bisa menyentuh wilayah- wilayah di sekitar 3 Nagari di Painan, Sungai Nipah, Bungo Pasang dan Salido. Mudah- mudahan untuk tahap berikutnya bisa menyentuh dunsanak- dunsanak kita lintas kecamatan.

Harry Yulianda (koordinator penggalangan) menyebutkan, hingga hari ini, kami (Dari Kita Untuk Sesama*), terus berusaha melakukan penggalangan dana. Semua proses serta tahapan kami catat dan dokumentasikan sebagai pelaporan kegiatan nantinya. Rencananya penggalangan donasi kita lanjutkan untuk tahap berikutnya. Demikian pula sahabat – sahabat musisi juga berkeinginan melanjutkan program Ngamen Amal Edisi ke 2 dengan melibatkan lebih banyak musisi dengan jangkauan yang lebih luas dan masiv.

Bagi Dunsanak yang ingin bergabung silahkan kirim/ transfer donasi ke No Rekening BNI 0455051082 a/n Harry Yulianda. Konfirmasi Foto Resi Pengiriman dengan mengirim ke nomor WA Harry Yulianda : 0853-5642-4121

Novi Irawan; Ketua tim penyemprotan desinfeksi juga menyampaikan bahwa hari ini sudah masuk hari ke 11 sahabat sahabat yang tergabung dari berbagai komunitas pecinta vespa dan Vape club Painan terus berkeliling perumahan warga melakukan penyemprotan desinfektan. Semua bergerak dengan apa yang mereka bisa, baik yang dilakukan dari dalam rumah maupun yang berada di luar rumah.

Ucapan terimakasih sebesar besarnya kepada para donatur yang sejauh ini telah memberikan keikhlasan dan hati yang tulus ikut membantu penggalangan dana bersama kami. Semoga apa yang kita lakukan bernilai ibadah dan menjadi ladang amal hendaknya dihadapan Allah SWT, Aamiin Ya Rabbal’alamiin.GPA