Lisda Hendrajoni : Capai Kesuksesan, Pekerja Sosial Miliki Mental

"Orang sukses itu adalah orang-orang yang mentalnya sukses.",

Yogyakarta, Garis Pantai News – Anggota DPR RI Fraksi Nasdem Lisda Hendrajoni meninjau Balai Besar Pendidikan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Regional III Yogyakarta di Sleman, DIY, Jumat (7/2). Dalam kesempatan tersebut Anggota Komisi VII ini menyatakan bahwa para pekerja sosial memiliki mental untuk meraih kesuksesan.

“Untuk mencapai kesuksesan maka para pekerja sosial harus memiliki mental, sehingga hal tersebut bisa dicapai dengan baik,” ucap Lisda.

Menurut Lisda, dirinya pernah membaca buku, disebutkan poor people atau orang miskin adalah mereka yang bermental miskin. Dan orang sukses itu adalah orang-orang yang mentalnya sukses.

Selain itu, kedekatan yang terjalin antara para pekerja sosial dengan KPM (Keluarga Penerima Manfaat) seharusnya bisa dimanfaatkan untuk mengubah mental masyarakat.

“Artinya seorang pendamping harus kita siapkan untuk menjadi orang-orang yang bisa mengubah mindset mereka secara bertahap. Sehingga apa-apa yang telah diberikan oleh Kementerian Sosial tidak mubazir,” jelasnya.

Istri Bupati Pesisir Selatan ini juga mencontohkan, kalau mindset tidak berubah, ketika dikasih bantuan berupa ayam, maka ayam tersebut akan digunakan untuk konsumsi.

“Dikasih 40 ayam, 40 hari selesai, atau paling lama 2 bulan. Atau dia jual dengan berbagai macam, ya wallahualam. Kalau kita lihat masih ada jiwa seperti itu, itu yang harus kita ubah,” kata Lisda.

Berbeda dengan masyarakat yang mempunyai semangat tinggi untuk berjuang dalam hidupnya. Tidak dikasih modal pun, bila memiliki mental sukses, ia pasti akan memikirkan apa yang harus diperbuat. Tidak ada kata malu untuk terus berusaha, berkembang untuk mengubah kondisi hidupnya menjadi lebih baik lagi.

Terakhir Srikandi Partai NasDem ini menjelaskan banyak hal yang bisa dilakukan bilamana mental sukses sudah tertanam dalam diri masyarakat penerima manfaat PKH (Program Keluarga Harapan). Ke depan, dirinya berharap agar Kemensos lebih realistis dengan betul-betul fokus membina dan mengarahkan agar penerima manfaat PKH bisa mandiri.  ChO