45 Orang Anggota Panwascam Pessel Dilantik.

Painan, Garis Pantai News –Jelang Pilkada 2020, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumbar, melantik 45 anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam),  Senin (24/12) di Hotel Hanna Painan.

Ketua Bawaslu Pessel, Erman Wadison mengatakan, anggota Panwascam yang telah dilantik ini telah melewati beberapa tahapan seleksi. Mereka mengikuti tahapan seleksi administrasi, tes tertulis, dan wawancara.

“Kami yakin anggota Panwascam yang dilantik merupakan yang terbaik. Selain itu, pembentukan panwascam merupakan amanat undang-undang. Kami berharap mereka dapat bekerja dengan baik, berintegritas, dan profesional, “ujarnya.

Menurutnya, pelaksanaan tugas pengawasan Pilkada 2020, tidak bisa lepas dari dukungan semua pihak. Termasuk dari pemerintah daerah dan masyarakat.

“Keberhasilan Pengawasan pelaksanaan Pilkada 2020 juga membutuhkan dukungan semua pihak. Kami berharap masyarakat berpartisipasi aktif melaporkan setiap pelanggaran pilkada, “ujarnya.

Kepada anggota Panwascam yang telah dilantik, Erman Wadison berharap, 45 orang anggota panwascam itu untuk dapat menjalankan amanah sebaik mungkin.

Ia menambahkan, ada tiga hal penting yang harus dipegang dan diupayakan Panwascam, yakni menjaga integritas dan independensi, meningkatkan pengetahuan seputar pilkada dan melatih kemampuan bekerja.

“Soal integritas, tidak boleh memihak, harus independen atau tidak partisan merupakan harga mati bagi panwascam, “imbuhnya.

Ada pun mengenai pengetahuan ketugasan pengawasan pelaksanan pemilu, Panwascam akan mengikuti program bimtek yang digelar Bawaslu. “Setiap pelaksanaan pemilu selalu saja ada peraturan perundang-undangan yang baru,” ungkapnya.

Dalam waktu dekat, Panwascam akan memulai tugas melakukan pengawasan perekrutan Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 15 Januari 2020.

Usai itu konsentrasi mereka pada pengawasan daftar pemilih. Sebagaimana diketahui, kontrak kerja panwascam akan berjalan selama 11 bulan terhitung Januari-November.GPA