Akhir Tahun Pessel Panen 10 buah Penghargaan

Painan,Garis Pantai News – Sejak dua pekan terakhir Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat, berhasil meraih 10 penghargaan dan gelar juara.

Hal tersebut disampaikan Sekda Kab.Pessel Ir. Erizon, Senin (9/12).

Dikatakan, kesepuluh penghargaan dan juara yang berhasil diraih tersebut masing masing, Swastisaba Wistara merupakan penghargaan dengan prediket tertinggi untuk Kabupaten Sehat tingkat nasional.

Kemudian lanjutnya, Dwija Praja Nugraha
(DPN) penghargaan diberikan PB PGRI kepada Bupati Hendrajoni, atas perhatian dan komitmennya yang tinggi terhadap pengembangan profesi guru, kemajuan pendidikan dan PGRI.

Berikutnya, Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) Award dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.
AMPL Award, diberikan karena Pessel dinilai telah melakukan inovasi dalam pembangunan air minum dan sanitasi, melalui pemanfaatan dana desa.

Penghargaan lainnya, kata sekda, Achievment Motivation Person diberikan kepada Bupati Hendrajoni, bersama 15 tokoh Sumatera Barat, lainnya, yang dinilai
memiliki komitmen tinggi dan konsisten dalam keterbukaan publik.

Selain itu, Bupati Hendrajoni, juga menerima Adhikarya Pangan Nusantara (APN) sebagai pembina ketahanan terbaik tingkat Sumatera Barat.

Dari Komisi Informasi (KI) Sumatera Barat, pemerintah Pesisir Selatan, dinobatkan sebagai badan publik informatif. Pesisir Selatan, merupakan satu satunya pemerintah daerah yang mendapat penghargaan sebagai badan publik informatif dari 13 badan publik yang mendapat pengahargaan yang sama.

Tak hanya itu, dalam kategori Kabupaten/kota paling informatif.
Kabupaten Pesisir Selatan kembali meraih Kabupaten paling informatif.

Untuk kategori nagari informatif Pessel meraih peringkat 2 yaitu Nagari Nagari Lunang III dan dua nagari lainnya masuk nominasi 10 besar yakni Nagari Bungo Pasang Salido Kecamatan IV Jurai dan Nagari Sambungo Kecamatan Silaut.

Dibidang pangan Kelompok Tani, Timbulun Taratak Surantiah Kecamatan Sutera, Juara I Pelaku pembangunan ketahanan pangan tingkat Sumbar kelompok pengembangan usaha pangan masyarakat, serta juara II lomba kawasan rumah pangan lestari (KRPL) wanita tani Kelok Indah Nagari Kambang Timur Kecamatan Lengayang.

Bupati Hendrajoni, mengatakan, keberhasilan Pesisir Selatan, meraih penghargaan merupakan bukti bahwa aparatur yang ada di daerah ini sudah baik

Dalam kesempatan itu, bupati memberikan apresiasi dan terima kasihnya kepada semua elemen yang ada di daerah itu.

“Ucapan terima kasih ini juga saya sampaikan kepada semua masyarakat Pessel. Sebab berkat dukungan semua, Pessel sukses meraih sepuluh penghargaan pada akhir tahun ini” katanya.GPR