Verifikasi Data PAW Sudah Dilaksanakan, Ini Kata Epaldi Bahar

GP News , Painan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Epaldi Bahar memastikan bahwa verifikasi data Pergantian Antar Waktu (PAW) salah seorang anggota DPRD kabupaten setempat dari Partai Amanat Nasional (PAN) selesai dilaksanakan.

“Verifikasi telah dilaksanakan, sementara tanggal rapat paripurna istimewa pelantikan akan dijadwal oleh DPRD Pesisir Selatan,” kata Epaldi kepada wartawan Kamis (15/11).

Ia menjelaskan, verifikasi data PAW dilakukan karena sebelumnya salah seorang anggota DPRD setempat, Nuzirwan meninggal dunia.

Menurutnya, Nuzirwan akan digantikan oleh Jon Etahar yang merupakan peraih suara keempat terbanyak di Kecamatan IV Jurai dan Batang Kapas atau daerah pemilihan II.

Hal itu terjadi karena peraih suara terbanyak kedua Memen pindah partai, begitu juga dengan Yuharmen yang meraih suara terbanyak ketiga juga pindah partai.

Pada proses verifikasi data terdapat beberapa tahapan yang dilakukan diantaranya, memastikan calon PAW masih aktif di partai yang sama atau tidak pindah partai, memastikan raupan suara dan lainnya.

Terkait pelaksanaan PAW, menurut Epaldi, selain pihaknya telah menyelesaikan verifikasi berkas, surat keputusan penetapan PAW juga telah diterbitkan oleh Gubernur Sumatera Barat.

“Secara umum semuanya telah selesai, hanya tinggal jadwal pelaksanaan paripurna pelantikannya saja,” tutupnya.

GPA