Hebat, Pemkab Pessel Kembangkan Program IPDMIP Tahun 2019

GP News , Painan – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), bakal mengembangkan program Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Project (IPDMIP) atau program pengembangan dan pengelolaan irigasi partisipatif terintegrasi, dalam mendorong hasil dan produktivitas pertanian, di daerah itu.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Pessel, Jumsu Trisno mengatakan, pengembangan dan pengelolaan irigasi partisipatif terintegrasi atau IPDMIP merupakan salah satu program kerja dari empat kementerian, yakni Kementerian Pertanian, Kementerian Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat, Kementerian Dalam Negeri dan Bappenas.

“Tahun 2019 akan dimulai, karena memang pengelolaan irigasi di Pessel sangat butuh dilakukan secara komprehensif. Dan program ini salah satunya, untuk meningkatkan perbaikan irigasi yang ada,” ujarnya.

Ia menjelaskan, komponen aktivitas dalam program IPDMIP, diantaranya akan meliputi perbaikan pengelolaan irigasi, perbaikan sistem usaha tani, dan perbaikan mata rantai keuangan yang dibutuhkan petani dalam bertani.

“Intinya program ini untuk meningkatkan produksi dan peningkatan kesejahteraan petani. Jadi kita harap, petani bisa terbantu nanti dengan pengembangan progran ini,” jelasnya.

Menurutnya, pengembangan program tersebut didanai melalui pinjaman dari Asian Developtment Bank (ADB). Tahun 2019, Pesisir Selatan menganggarkan sebesar Rp 45 miliar. Namun, untuk realisasinya Pemkab Pessel terlebih dahulu harus mendanai dengan APBD.

“Intinya dilaksanakan dulu dengan APBD. Setelah terlaksana diganti dengan IPDMIP, yang bersumber dari ADB, terangnya.

Lanjutnya, dengan realisasi program IPDMIP ini, Pemkab Pessel menargetkan perbaikan irigasi di daerah tersebut bisa teratasi seluas 6000 hektare lahan pertanian masyarakat. Kerena memang, sampai tahun 2018 ini, hanya 40 persen yang bisa diperbaik.

“Semoga program ini bisa bermanfaat bagi petani dan mewujudakan visi dan misi pemerintah, khususnya yang digencarkan Bupati kita dalam meningkatkan kesejahteraan petani,” tutupnya.

GPA