Data Kemiskinan Tidak Valid, Kinerja Dinsos Disorot, Ini Kata Politisi PPP

GP News – Painan

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Marwan Annas mengatakan, data Dinas Sosial tentang kemiskinan belum valid karena masih banyak warga berpenghasilan cukup masuk dalam kategori penerima bantuan.

“Ini kan faktor Sumber Daya Manusia (SDA) yang melakukan di bawah. Bisa jadi munkin mereka pihak Dinas Sosial dalam melakukan pendataan ini tidak fair atau kurang berkualitas,” ujar Marwan saat hering bersama sejumlah OPD Jumat (12/10/2018.)

Dalam hal ini, tentu Pemerintah Pessel memiliki hasrat menurunkan angka kemiskinan. Namun, sepertinya cita-cita itu susah untuk terwujudkan lantaran Dinas Sosial hanya mengandalkan data penduduk miskin yang tak valid dengan data disetiap Nagari nan ada di wilayah ini.

Dalam hal ini sejumlah Komis IV geram mengetahui lambannya pemerintah daerah dalam mendata warga miskin. Sejauh ini pihaknya sudah memantau kinerja Dinas Sosial tentang data kemiskinan, namun banyak bukti yang ditemukan bahwa Dinas Sosial tak bekerja dengan serius.

“Sebaiknya Dinsos turun kelapangan ke nagari untuk mencocokan data orang miskin ini, kadang Dinsos memberi bantuan acap tak tepat sasaran. Ini kadang-kadang datanya beda tentang kemiskinan,” ujarnya dengan nada tegang.

Menurut dia, tidak adanya data yang akurat, membuat bantuan sosial dari Pessel untuk warga yang tidak mampu kerap kali tak tepat sasaran. Dirinya kerap menemukan pengguna Kartu BPJS itu adalah masyarakat yang memiliki kemampuan ekonominya berkategori menengah ke atas.

“Ya jadi kadang-kadang belum tepat sasaran. Misalnya kartu itu kan kepada orang miskin, tetapi pada saat kita turun ke bawah masih ada yang menerima punya mobil dan motor tiga,” ujarnya lagi.

Politisi PPP itu, memerintahkan jajaran Dinsos untuk melakukan pendataan warga miskin hingga ke tingkat paling rendah, yaitu nagari. Sehingga, diharapkan ke depannya tak ada lagi bantuan sosial dari pemerintah jatuh kepada orang yang tak membutuhkan,

GPA