Waspada Bencana Alam , Bupati Ajak Warga Proaktif Melaporkan Pembalakan Liar

GP News – Sutera

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni meninjau lokasi bencana abrasi pantai di Kampung Ujung Air, Nagari Amping Parak,Kec. Sutera.

Dalam kesempatan itu,bersama Tagana setempat dan Kabupaten,Hendrajoni memberikan bantuan kepada korban bencana alam tersebut, Rabu (10/10),sore.

“Akhir-akhir ini curah hujan dan gelombang pasang cukup tinggi,saya menghimbau kepada kita semua masyarakat Pesisir Selatan,agar tetap waspada terhadap bencana alam yang mengancam”,kata Hendrajoni.

Lebih lanjut Bupati mengatakan,kepada korban yang terkena abrasi tersebut akan diberi bantuan rumah dari Dinas Perkimtan.

“Kita meminta keluarga yang terkena bencana ini agar segera menyediakan tanahnya untuk pembangunan rumah ini,yang tentunya tidak berada di pinggir pantai lagi”, ujar Bupati.

Setelah mengunjungi korban abrasi pantai,rombongan Bupati melanjutkan kunjungan ke Lubuk Sarik Kecamatan Lengayang.

Pada kesempatan itu,Hendrajoni memberikan langsung bantuan kepada korban banjir.

Warga kampung Lubuk Sarik menyampaikan keluhan kepada Bupati,tentang banjir yang melanda kampung mereka akibat pembalakan liar di hulu sungai.

Bupati menyampaikan agar masyarakat menyampaikan langsung kepada dinas terkait untuk segera ditindaklanjuti.

“Ini kejadian yang sering terulang,saya minta kepada masyarakat agar proaktif melaporkan ke dinas terkait,atau langsung ke saya. Tidak ada yang kebal hukum terkait pembalakan ini”, tegas Bupati.

Dampak kerusakan hutan di hulu sungai membuat masyarakat Lubuk Sarik sering mengalami bencana alam. Bupati melihat langsung kondisi irigasi yang mengalami kerusakan.

GPW