KesBangPol Pesisir Selatan Sosialisasi Bahaya Narkoba di Kalangan Pelajar

GP News – Bayang

Sebanyak 75 orang siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Madrasyah Tsanawiyah Negeri (MTsN) mengikuti sosialisasi pencegahan penyalahgunaan narkotika yang digelar di SMPN 2 Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Senin ( 1/10).

Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) kabupaten pesisir selatan, Rinaldi yang di wakili Kasubag Partisipasi Politik dan Fasilitasi Pemilu, Kasril, SH mengatakan bahwa pemerintah daerah setempat di tahun 2018 ini melaksanakan sosialisasi tentang bahaya penyalahgunaan narkotika.

Dimana sosialisasi tersebut diikuti sebayak 30 sekolah terdiri dari 15 tingkat SMP dan 15 di tingkat SMA di daerah itu.

Bagi pelajar tingkat SMP maupun SMA  termasuk kelompok potensial yang rawan terjadinya penyalahgunaan narkoba. Maka dari itu, upaya sosialisasi dan penyuluhan bahaya narkoba ini sangat penting disampaikan kepada pelajar sebagai upaya mentransformasi pengetahuan akan bahaya narkoba dilingkungan pendidikan.

“Ini merupakan sosialisasi ke 13 yang kami laksanakan. Untuk itu kepada anak kami jangan sekali – sekali mendekati narkoba sebab efeknya adalah dipenjara, gila dan mati ,” kata dia.

Dikatakanya, sosialisasi yang dilaksanakan ini berdasarkan keputusan rapat sekolah dan juga bersama Dinas pendidikan dan Dikpora.

Saat ini, tidak hanya  penyebaran narkoba namun juga lem. Karena lem tersebut, kata dia, sangatlah mudah untuk di dapatkan.

“Saya berharap, maka dari itu peran orang tua dan juga masyarakat sangat dibutuhkan. Karena Keluarga merupakan benteng pertahanan pertama dalam membangun mental yang kuat terhadap bahaya penyalahgunaan narkoba,”ujarnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Bayang, Pessel Ardayeni mengungkapkan mengucapkan terima kasih banyak serta merasa senang dan bangga dengan terpilihnya sekolah tersebut sebagai tempat penyelenggaraan sosialisasi pencegahan penyalahgunaan narkotika bagi siswa di sekolah itu.

“Bagi anak – anak kami yang mengikuti sosialisasi ini agar fokus semoga betah dan merasa nyaman.
Karena dari bahaya penyalahgunaan narkoba tersebut adalah selain menghabiskan uang namun juga merusak kesehatan dan lingkungan,”ungkapnya.

Ia menjelaskan dalam sosialisasi pencegahan narkotika itu diikuti sebanyak 75 orang siswa, terdiri dari 65 siswa SMPN 2 Bayang, 5 orang siswa SMPN 4 Bayang dan 5 siswa MTsN 3 Pessel.
Dengan digelarnya sosialisasi ini bisa membentengi minimal untuk dirinya sendiri.

“Saya berharap kegiatan ini terus digelar dan tidak hanya siswa di sini namun juga bagi siswa yang lainya,”harapnya.(mil)

Teks Foto: Kasril, Kasubag Partisipasi Politik dan Fasilitasi Pemilu saat sosialisasi penyalahgunaan narkoba di SMPN 2 Bayang, Pessel.