Bawaslu Pessel Terus Tindak Lanjut Vidio Bupati Mengatasnamakan Bantuan Jokowi

GP News – Painan

Pessel,sumbarsatu.com–Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pesisir Selatan, tengah berkonsentrasi atau terus menindaklanjuti proses temuan video Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni yang viral dimedia sosial (medsos) dalam menyerahkan bantuan Joko Widodo atau Jokowi ke negeri berjulukan sejuta pesona itu.

Ketua Bawaslu Pessel, Erman Wadison menegaskan, terkait temuan video tersebut, pihaknya sudah mengumpulkan sejumlah data dan memintai keterangan sejumlah pihak terkait dalam video tersebut.

“Untuk semua tahapan, kita sudah melakukan koordinasi dengan sentra Gakkumdu Pessel. Dan sesuai hasil investigasi kita, Rabu 3 Oktokber akan ada rapat pleno penetapan hasil tersebut,” ujar Erman Wadison dengan nada tegas.

Menurut Erman, terkait sumber video yang viral di media sosial tersebut, Bawaslu Pessel mengantongi salinan dari hasil rekaman video Humas Pemkab Pessel sebagai bukti.

“Sumber video yang masih kita simpan, salah satunya salinan rekaman dari kamera Humas Pekmab Pessel. Karena kegiatan tersebut memang saat penyerahan bantuan,” jelasnya.

Terkait pelanggaran, Bawaslu Pessel belum bisa memastikan adanya dugaan pelanggaran atau tidak. Karena sesuai prosedur yang dilakukan Bawaslu, pihaknya akan segera menyerahkan penanganannya ke Gakkumdu (Penegak Hukum Terpadu) Pelanggaran Pemilu.

“Ya, karena setelah hasil investigasi diplenokan. Maka, akan bergulir ke penyelidikan dan penyidikan dan ini penanganan ada di Gakkumdu,” terangnya.

Lanjutnya, sampai hasil temuan video tersebut diplenokan, Bawaslu Pessel mengatakan kemungkinan temuan tersebut akan diambil alih Bawaslu Provinsi. Karena dengan kasus yang sama, temuan video tersebut juga telah dilaporkan ke Bawaslu Sumbar.

“Kalau dari Bawaslu Pessel akan terus melakukan sesuai prosedur yang ada. Namun, terkait telah ada laporan yang sama ke Bawaslu provinsi. Bisa jadi, diambil alih provinsi,” tutupnya Erman,

GPA