Ribuan Pelamar CPNS, Serbu Ruang Penggurus SKCK Polres Pessel

GP News – Painan

Ribuan pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS) di Kabupeten Pesisir Selatan sejak dibuka penerimaan CPNS telah menyerbuh ruang penggurus SKCK Polres Pesisir Selatan.

Berdasarkan pantuan koran ini di ruang penggurus SKCK Polres Pessel, sejak pagi loket pendaftaran SKCK di Polres Pessel dibuka, ratusan masyarakat yang didominasi remaja dari beberapa Kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan mendatangi Mapolres Pessel.

Uri (25), sejak pukul 09.00 Wib dirinya bersama dengan rekan – rekannya telah menunggu untuk melakukan penggurusan SKCK, sebagai perlengkapan persyaratan CPNS.

” allhamdullilah sudah siap, SKCK nya,” ungkap nya.

Kasat Intel Polres Pessel AKP. Andi Nugroho, S.IK mengatakan, sejak tiga bulan belakang ribuan warga telah datang ke ruang pendaftaran SKCK Polres Pessel. Untuk, melayani masyarakat pihaknya telah menyiapkan personil nya mulai dari pagi hari hingga sore hari.

” Pemohonan SKCK sudah hampir kurang lebih 2200 pemohon,” jelas Nya.

Dijelaskan Andi, sesuai dengan jadwal pembukaan CPNS, masih akan berlangsung sampai bulan Oktober nantinya. Untuk persyaratan agar disiapkan benar-benar agar lancar dalam pengurusan terutama yang tinggal jauh dari Polres.

Semua persyaratan dan mekanisme pembuatan bisa dilihat di internet maupun di loket pelayanan. Jelas dirinya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pesisir Selatan Adha Yanuar menjelaskan, kuota untuk kategori umum dan khusus di daerah ini, diantaranya untuk Formasi khusus eks honorer K2 sebanyak 32 orang. Dan untuk kebutuhan pelamar umum yang terdiri dari tenaga guru, kesehatan dan teknis sebanyak 223 orang.

“Eks K2 formasinya ada 38 orang, diantaranya guru sebagai tenaga pendidikan. Dan formasi umum sebanyak 223 orang, kategorinya 86 orang guru, 65 tenaga kesehatan dan 82 orang tenaga teknis,”jelasnya.

Menurutnya, dari formasi yang diberikan untuk CPNS 2018 ini secara umum belum menutupi kebutuhan PNS di daerah. Sebab, secara kebutuhan, terkhusus tenaga pendidikan masih jauh atau masih kurang untuk daerahnya.

“Untuk kebutuhan organisasi kita, masih belum terpenuhi. Sebab, tenaga guru kita masih banyak yang kurang,”ulasnya

Lanjutnya, sesuai data BKPSDM jumlah PNS yang sudah tersedia di lingkungan Pemkab Pessel tahun ini sebanyak 6892 orang. Dan sebanyak 4224 orang ditempakan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemkab dengan status kerja sebagai tenaga administrasi dan umum.

Pemerintahan Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) mendapatkan kuota penerimaan Calon Pegawai Negara Sipil (CPNS) tahun 2018 sebanyak 271 orang.

GPM