Bawaslu Pessel Gelar Rakor Sebagai Penguatan Kelembagaan Dalam Mengawasi Pesta Demokrasi

GP News – Painan 

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) dan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dalam rangka pengawasan tahapan pemilihan legislatif dan pilpres 2019, Rabu (5/9/2018) di Kantor Bawaslu setempat.

Ketua Bawaslu Pessel, Herman Wadison mengatakan, tujuan dilaksanakannya Rakor tersebut dalam rangka memperkuat pelaksanaan tugas pengawasan seluruh jajaran Bawaslu dan Panwascam se-Kabupaten Pessel.

“Ada dua agenda penting yang akan diawasi secara bersama oleh Bawaslu maupun Panwascam. Yang pertama tahapan Pemilu DPR, DPD, DPRD serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019,” ujarnya.

Ia menambahkan, Rakor ini juga bertujan untuk penguataan kinerja kelembagaan terus dilakukan sehingga Bawaslu dan Panwascam akan secara maksimal menjalankan tugasnya dalam mengawasi seluruh tahapan Pileg dan Pilpres dengan berpedoman pada ketentuan dan peraturan perundang-undangan.

“Nah, substansi Pileg dan Pilpres ada di tangan Bawaslu. Mengapa demikian, karena keberhasilan Pileg dan Pilpres ditentukan oleh Bawaslu,” ujarnya lagi.

Disamping itu, Herman Wadison meminta jajarannya untuk konsisten dalam menjalankan tugas serta taat menegakan aturan. Maksudnya, jajarannya untuk tidak terpengaruh dengan berbagai kepentingan dan muatan politik yang cukup tinggi dalam tahapan pesta demokrasi musim ini.

“Jangan ada keraguan, bekerjalah sesuai aturan perundang-undangan. Jadikan semua regulasi sebagai pondasi utama dalam melaskanakan tugas. Ingat, soliditas, integritas, mentalitas dan professional menjadi kekuatan dan jati diri kita mengawasi Pileg dan Pilpres,” tegasnya,

GPA