SAR Padang, Gelar Simulasi Pencarian dan Pertolongan di Panasahan Painan.

GP News – Painan

Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Penangulangan Bencana Daerah ( BPBD) Padang Sumatera Barat, Selasa (4/9) pukul 10.00 Wib menggelar pelatihan simulasi SAR di Pelabuhan Panasahan Painan.

Sebanyak 120 orang peserta, terdiri dari Tim TRC, SAR, BPBD Pessel, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Kelompok Siaga Bencana ( KSB), Tagana, Damkar, Pol Air, Satpol PP , , dan Masyarakat setempat mengikuti pelatihan simulasi SAR.

kepala Operai dan Kesiapsiagaan Kantor SAR Padang, Edy. H, mengatakan kegiatan simulasi pencarian dan pertolongan Latihan SAR Daerah Tahun 2018 dilaksanakan selama tiga hari, dari hari ini Selasa – Kamis (6/9).

Ada beberapa materi pada simulasi kali ini, simulasi didarat dan dilaut untuk pencarian dan pertolongan masyarakat yang menjadi korban gempa. Oleh Tim Reaksi Cepat ( TRC) dan Tim Rescue ( SAR), baik pasca gempa dan pemulihaan.

” kita kerahkan kekuatan penuh dan kendaraan operasional lapangan, termasuk anjing pelacak” tegas nya.

Diharapkan dengan pelatihan simulasi pencarian dan pertolongan bisa menambah keahlian dan ketangkasan tim TRC, responsif dalam melakukan penanganan bencana.

Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah Kabupaten Pessel Herman Budiarto sangat menyambut positif kegiatan simulasi penanganan korban bencana, pencarian dan pertolongan oleh SAR Kota Padang di pelabuhan Panasahan.

” kita, mintak seluruh jajaranya BPBD, KSB,TAGANA, bisa mengikuti acara ini, ambil ilmu positif dari para pelatih,” tegas Dirinya.

Hingga berita ini diturunkan, pelatihan simulasi masih berlangsung.

GPM