Atlet Paragliding Pessel Ini Tatap SEA Games dan PON Setelah Menjuarai Kejurnas

GP News – Painan

Atlet paralayang Sumbar meraih hasil menggembirakan pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Paragliding 2018 di Manado-Sulawesi Utara (Sulut). Atlet paralayang Sumbar ini menyabet juara 3 dengan kategori ketepatan mendarat beregu pada 1 Juli 2018 lalu.

Salah seorang atlet paralayang tersebut berasal dari Pesisir Selatan. Dia bernama Nofrica Yanti. Dia menyebut, hasil pada Kejurnas di Manado tersebut merupakan prestasi terbaik untuk Sumbar dalam kurun waktu 12 tahun belakangan.

“Benar, selama ini Sumbar belum pernah dapat medali beregu, baik di Kejurnas ataupun di Pra PON. Ini medali pertama Sumbar dalam Kejurnas Paralayang setelah 12 tahun penantian,” ujar Nofrica Yanti yang berasal dari Pungasan, Linggosari Baganti- Pessel tersebut.

Pada Kejurnas di Manado, Ica –panggilan Nofrica Yanti– tergabung dalam satu regu campuran yang berjumlah tujuh orang. Diantaranya, Rina Kusuma Ningrum, Yostarisma, Syafrijhon Hendri, Yuda, Hamza dan Syahrul. Dalam Kejurnas tersebut, Ica dan rekan-rekannya bertanding dengan 10 tim lainnya yang juga membawa nama daerah.

“Alhamdulillah, Sumbar dalam Kejurnas kemarin dapat satu perak di perorangan putri atas nama Rina Kusuma Ningrum dan 1 perunggu di beregu. Selanjutnya, kami ingin mendapatkan medali lagi di Pra PON 2019 ini,” katanya.

Sementara, Ketua KONI Pessel, Zul Akhiar merasa bangga dengan prestasi atlet-atlet terbaik asal Pessel. Meskipun bergabung dengan atlet dari daerah lain, Pessel bisa ikut mengharumkan nama Sumbar di tingkat Nasional.

“Rasa bangga ini kita sampaikan pada semua atlet yang ada di daerah kita. Kita sangat mendorong atlet-atlet daerah, tidak terkecuali Paralayang bisa dengan hasil terbaik,” terangnya.

Lanjutnya, tentang Cabor Paralayang di Pessel merupakan salah satu olahraga andalan di Pessel. Bahkan, Paralayang akan digadang-gadangkan sebagai pendulang emas terbanyak pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2018 di Padangpariaman.

Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Paragliding tahun 2018 ini sendiri diikuti oleh 100 atlet Paragliding kategori PL2 dari 10 provinsi di Indonesia diantaranya Sumbar, DKI Jakarta, Banten, Jabar, Jateng, Jatim, Bali, Papua, Sulteng dan Sulut selaku tuan rumah pelaksana.

Kejurnas ini melombakan kategori ketepatan mendarat. Hasil dari Kejurnas ini digunakan sebagai tolok ukur kualifikasi atlet untuk PON dan Sea Games.

 

GPK