Pemkab Pessel Sosialisasi Bahaya Terorisme dan Paham Radikal

GP News – Painan

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan menggelar sosialisasi tentang bahaya terorisme dan paham radikalisme bersama Forum Kordinasi Pencegahan Teroris (FKPT) Sumbar, di Gedung Bappeda Litbang Pessel, Kamis 28 Juni 2018.

Selain dihadiri unsur FKPT Sumbar, sosialisasi ini juga dihadiri ormas daerah, seperti MUI Pessel, KNPI, Ikatan Pemuda Muhammadyah serta puluhan tokoh masyarakat.

“Dari sosialisasi ini, kita berharap daya tangkal terhadap ancaman dan bahaya terorisme dan paham radikal bisa hadir ditengah masyarakat. Karena aksi-aksi pemahaman ini sangat jauh dari nilai-nilai NKRI adalah musuh negera dan harus dicegah,” sebut Kabag Kesbangpol Pessel, Rinaldi disela-sela sosialisasi.

Rinaldi menyebut, sosialisasi tentang bahaya terorisme dan paham radikalisme tersebut menghadiri langsung narasumber dari FKPT Sumbar. Salah satunya Dr. Zaim Rais dosen Filsafat UIN Imam Bonjol Padang.

“Materi yang dibahas diantaranya menjelaskan tentang bahaya terorisme dan radikalisme. Dan bagaimana langkah pencegahanya dan mana menjelaskan kepada masyarakat cara menangkalnya,” jelas Rinaldi.

Dosen Filsafat di UIN IB Padang, Dr. Zaim Rais menyebut, terorisme dan radikalisme sebagai pemahaman dan ataupun tindakan adalah berlawanan dengan nilai ajaran agama dan negara. Jadi, dari tindakan yang dinilai tidak sesuai dengan nilai ideologi negara harus dicegah dan dilawan dengan pemahaman yang rasional.

  1. “Melalui sosialisasi semoga dapat memberikan bekal pemahaman terhadap masyarakat. Diantaranya nyaman dan tenang dari ancaman tersebut apapun, apalagi aktifitas teror dan lainnya,” pungkasnya.