Konservasi Penyu Amping Parak Jadi Alternatif Berlibur Masyarakat

GP News – Amping Parak

Keberadaan konservasi Penyu di Kenagarian Amping Parak, Kecamatan Sutera seperti libur lebaran tahun lalu selalu ramai dikunjungi wisatawan, dari berbagai lokasi di Kabupaten Pesisir Selatan.

Beraneka ragam penyu yang habitanya di lindungi ini, ada di konservasi Penyu Amping Parak, salah satunya penyu Hijau.

Haridman salah seorang penggelola Konservasi Penyu Amping Paraj mengatakan, sudah ribuah penyu sudah berhasil di tetaskan dan di lepas ke habitat kembali. Di konservasi penyu, ada beberapa kolam atau bak penetasan penyu yang telah disiapkan, sebelum nantinya penyu – penyu di lepas kehabitanya semula.

” sudah ada ribuan penyu yang kita lepas, dan kita tetaskan di bak penangkaran penyu,” tegas Nya

Setiap libur panjang, seperti kali ini lokasi konservasi penyu di tempatnya memang ramai dikunjungi masyarakat, rata – rata pengunjung berasal dari Kecamatan Sutera, Lenggayang, Painan dan kadang berasal dari luar Kabupaten Pessel, bahkan dari luar provinsi SumBar,kata Haridman.

Sementara Ari salah seorang pengunjung lokasi konservasi Penyu Amping Parak menuturkan, ia Istri dan anak – anaknya sengaja mengajak keluarga datang berlibur kesini, selain menghabiskan waktu libur lebaran, juga melihat dari dekat penangkaran penyu disini.

” lokasi nya cukup sejuk, indah. Dan , anak – anak cukup senang, terhibur. Serta, tahu jenis – jenis penyu yang ada disini, ” kata Ari pengunjung dari Indrapura.

GPM