Ninik Mamak Sungai Penuh dan Muko-muko, ikut ” Patang Balimau di Pessel

GP News – Pancung Soal

Kurang lebih ribuan pasang mata masyarakat di dua Kecamatan, Kecamatan Pancung Soal dan Airpura, Kabupaten Pesisir Selatan, Rabu (16/5) menyerbuh lokasi acara prosesi adat ” Patang Balimau ” di pinggiran sungai muara sakai Kecamatan Pancung Soal.

Pada acara tersebut dihadiri Sekda Pessel Ir. Erizon mewakili Bupati Pessel, Camat Pancung Soal St.Heriyardi, S.Sos, Camat Airpura Efrianto, Ketua KAN Inderapura Khairul Saleh Rky Rajo Gerang,Ninik Mamak Nan 20, Anggota Keraptan Adat Nagari Inderapura, Perwakilan Ninik Mamak Sungai Penuh dan Muko-muko, Para Wali Nagari se Kecamatan Pancung Soal dan Airpura, Tokoh Masyarakat dan Bundo Kanduang. Juga Muspika Kecamatan.

Camat Pancung Soal St. Heriyardi, S.Sos, mengatakan Kegiatan “Patang Balimau” tersebut merupakan acara rutin tahunan dari Kerapatan Adat Nagari (KAN) Inderapura bersama masyarakat Pancung Soal dan Airpura dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan, dalam acara “Patang Balimau” .

” setiap datang bulan suci ramadhan prosesi adat seperti ini di laksanakan,” terang nya.

Kegiatan tersebut  dimulai dari Mesjid Agung Pasar Gedang Inderapura, dengan melakukan Kegiatan Zikir dilanjutkan Doa dan Makan bersama yang selanjutnya melakukan Arak-arakan dari Mesjid Agung Menuju Gudang Garam di Muara Sakai.

Sesampai di Gudang Garam Muara Sakai Rombongan arak-arakan langsung di Sambut dengan Tari Gelombang dan dilanjutkan Pergelaran Kesenian Tradisional yaitu Randai, Silek Tradisional dan Hiburan Kasidah Gambus.

” acara ini diikuti juga perwakilan dari kabupaten tetangga, seperti sungai penuh, kerinci, muko – muko dan Pessel,” kata St. Heriyardi.

Arak – arakan peserta Patang Balimau berkahir di pinggiran sungai Muara Sakai, untuk melaksanakan Patang Balimau.  Akhirnya.

GPM