Diduga Korsleting Listrik, Ruang Bendahara Puskesmas Salido Dimamah Si Jago Merah.

RELASIPUBLIK.com Painan – Diduga korsleting arus listrik, sijago merah kembali mengamuk dan menghanguskan sejumlah peralatan kantor diruangan bendahara Puskesmas Salido, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel). Sabtu (25/8). Sekitar pukul 05.30 WIB.

Menurut Andre (34), warga setempat, saat kejadian kondisi kantor dalam keadaan sepi. Saat itu, ia kaget melihat sekumpulan asap tebal keluar dari dalam kantor tersebut. Spontan ia berteriak dan meminta pertolongan kesejumlah warga lainnya. Akhirnya warga mulai berdatangan untuk memadamkan api dengan peralatan seadanya.

“Saya beserta warga lainnya, berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya, sambil menunggu pemadam kebakaran datang,” ucapnya dilokasi.

Tak lama berselang, petugas Damkar dibantu jajaran Kapolsek IV Jurai, datang ke lokasi untuk membantu memadamkan api menggunakan satu unit mobil pemadam kebakaran. Setelah hampir satu jam, tepatnya pada pukul 06.30 WIB, api baru berhasil dipadamkan oleh petugas Damkar. Namun, sejumlah peralatan kantor seperti Komputer, Laptop, Kipas Angin, Kursi, Meja, Lemari, dan sejumlah dokumen lainnya, saat itu hangus terbakar.

“Tak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun, kerugian diperkirakan mencapai Rp50 juta,” sebut Kapolsek IV Jurai Iptu Rahmadi Kurniawan, kepada Wartawan di Painan.

Dijelaskannya, setelah pihaknya melakukan pengecekan di tempat kejadian perkara (TKP), ia menduga penyebab kebakaran dikarenakan korsleting listrik arus pendek. Sebab, instalasi listrik yang buruk dan tidak tersambung dengan baik, akan membuat kabel lebih mudah panas.

“Pihak kita sudah memasang police line (garis polisi), disekitar lokasi kebakaran. Atas kejadian ini, kita menghimbau kepada masyarakat agar selalu waspada terhadap listrik, supaya kejadian serupa tak terulang lagi,” tutupnya. (Oks/RP)