Bupati Hendrajoni ; Piala Adipura Untuk Pessel

PAINAN, RP – Kabupaten Pesisir Selatan saat ini sedang ” Baralek Gadang “,ribuan masyarakat didaerah “Nagari Sejuta Pesona’itu berdatangan dari segala penjuru untuk memeriahkan hari kemenangannya, karena telah berhasil meraih “piala Adipura” dengan kategori “kota kecil bersih”.

Tepat pada pukul 10.00 WIB,. Kamis (03/08) Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni di dampingi istrinya Lisda Rawdha Ketua TP-PKK Kabupaten, beserta pejabat terkait telah sampai Bandara Internasional Minang Kabau (BIM) . Mereka keluar dari ruangan VIP dengan senyum ramah.

Secara seremonial, rombongan tersebut disambut meriah oleh ratusan pasukan kuning dan sejumlah kepala OPD dan perwakilan. Dengan penuh semangat dan suara lantang secara bersama dia mengucapkan “Salam Pessel Maju”.

Tak lama berselang, rombongan langsung bertolak mengarak piala Adipura menuju kota Painan. Sesampai rombongan di Rest Area, yang merupakan perbatasan antara Kabupaten Pessel dengan Kota Padang, Terlihat pula Wakil Bupati Rusma Yul Anwar beserta jajaran, sudah menanti kedatangan rombongan tersebut. Dan akhirnya perjalanan dilanjutkan menuju Kota Painan, secara berbarengan.

Secara pasti seluruh masyarakat Pessel akan merasa bangga dengan kepemimpinan. Kepala Daerah saat ini sepert yang diungkapkan, Irwando (28), salah satu Warga Siguntur, Kecamatan Koto XI Tarusan, belum genap dua tahun, Kabupaten Pesisir Selatan secara telah berhasil menerima beberapa penghargaan.

Keberhasilan tersebut bisa dimiliki, tentu tidak terlepas dari kerjasama semua pihak, antara masyarakat dengan pemerintah daerah.

Dikatakan Irwando, bulan Agustus merupakan bulan yang sangat bersejarah bagi Bangsa Indonesia.
Ini merupakan momen yang tepat. Artinya, piala Adipura tersebut, merupakan kado terindah untuk seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan.

“Tentu saja kami sangat senang dan bangga dengan prestasi ini. Akhirnya setelah sekian lama menunggu, Pessel kembali mendapatkan piala Adipura. Semoga prestasi ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan lagi hingga kedepannya,” sebut Irwando, kepada relasipublik.com

Dari jumlah 19 kabupaten/kota yang tersebar di Provinsi Sumatera Barat, hanya lima kota dan satu kabupaten saja yang mampu meraih Piala Adipura dengan kategori “Kota Kecil Bersih”, yakni Kabupaten Pesisir Selatan. Berikutnya adalah Kota Padang, Kota Bukittinggi, Kota Payakumbuh, Kota Padang Panjang, dan Kota Sawahlunto.

Piala tersebut, diserahkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, kepada Bupati Hendrajoni, serta disaksikan oleh Presiden RI Joko Widodo, yang saat itu didampingi oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, pada puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup di plaza Ir. Soekarno Soerjo. Jakarta (2/8).

Atas keberhasilan itu, Bupati Pessel Hendrajoni, mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya, kepada seluruh jajaran pemerintahan, khususnya kepada seluruh masyarakat Pessel, yang selama ini telah berperan aktif untuk menciptakan dan menjaga Kota Painan, tetap bersih, hijau, dan lestari, sehingga penghargaan Adipura dapat diraih kembali.

“Tentunya keberhasilan ini, tidak terlepas dari peran penting kita semua. Semua jerih payah kita selama ini, akhirnya terjawab sudah. Saya atas nama pribadi dan seluruh jajaran Pemkab Pessel mengucapkan rasa terima kasih banyak kepada seluruh elemen masyarakat yang sudah berpartisipasi menciptakan dan menjaga kebersihan lingkungan,” sebut Bupati Hendrajoni didampingi Kepala DLH Pessel, Nelly Armidha, dan Kepala Dinas PU, Era Sukma Munaf. (*)