Sebanyak 346 Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan UNRI Praktikum di Pessel

PAINAN, GP – Sebanyak 346 Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau (UNRI) melakukan Praktikum di Kabupaten Pesisir Selatan. Bupati Pessel Hendrajoni berharap ratusan mahasiswa tersebut memberian dampak positif bagi Pessel.

“Kita berharap para mahasiswa praktik mampu mengumpulkan informasi dan membaur bersama warga setempat, saling betukar pikiran, berbagi ilmu sesuai dinamika, karakteristik dan kearifan lokal, ” ucap bupati ketika menyambut para mahasiswa UNRI di Halaman Kantor Bupati setempat, Selasa, (25/4).

Bupati menyebutkan bahwa negeri sejuta pesona tersebut merupakan daerah penghasil ikan cukup besar di Sumatera Barat. Yakni sebanyak 44.013,80 Ton per tahun, sedangkan hasil budaya ikan daratnya 8.327, 74 Ton per tahun.

“Namun potensi besar itu belum dapat tergarap secara optimal yang disebabkan oleh keterbatasan nelayan dalam sarana dan prasarana, ”

Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan UNRI, Prof Dr Bintal Amin, MSc menyampaikan dipilihnya pesisir selatan sebagai lokasi praktik karena perairan laut itu memiliki terumbu karang dan biodata laut yang masih terjaga.

“Kegiatan praktikum ini sudah yang ketiga kalinya kita lalukan di Pesisir Selatan, kita berharap selama kegiatan praktik dapat berlangsung dengan lancar, ” katanya.

Kegiatan tersebut bakal berlangsung selama empat hari mulai Selasa (25/4) hingga Jumat (28/4). (fk)